Selasa, 02 Desember 2008

Hari Jadi Kota Kandangan

Tanggal 2 Desember adalah hari Jadi Kota Kandangan, kabupaten Hulu Sungai Selatan, letaknya di Provinsi Kalimantan Selatan. Dari Banjarmasin menempuh waktu 3-4 jam.
Selamat Hari Jadi Kandangan...
Kota tercintaku ini terkenal dengan dodol dan katupat Kandangan. Mak Nyoss...
Dodol diproduksi di Hamalau dan Kapuh. Terbuat dari santan kelapa, gula merah, dan bahan lain. Diaduk di kuali besar selama berjam-jam. Pokoknya pembuatannya rumit, lama banget dan memerlukan kerja keras. Rasa dodol ini manis dan agak lengket.

Katupat Kandangan, cocok banget sebagai sarapan pagi. Ada katupat (anyaman daun kelapa yang berisi nasi), kuah katupat yang terbuat dari santan, dan lauk yang berupa ikan panggang. Bagi yang punya penyakit maag sebaiknya jangan terlalu sering makan katupat yach, nanti maagnya kambuh lho! Katupat Kandangan banyak terdapat disepanjang jalan Hamalau dan Parincahan

Kalau jalan-jalan ke Kandangan, jangan lupa mencoba dodol dan katupat kandangan. Selamat mencoba...

Wisata yang ada di Kandangan adalah Loksado dan Tanuhi. Loksado berupa wisata pegunungan yang sejuk, adem bener...
Tanuhi berupa wisata air panas, mitosnya bisa mengobati penyakit kulit dan sejenisnya. Disana terdapat kolam-kolam air panas.
Silahkan berkunjung ke Kandangan...

1 komentar:

  1. katupat kandangan memang pas untuk pagi hari, rasanya mantap. kalau lewat kandangan biasanya selalu mengusahakan makan katupat kandangan.
    kalau dodol, kebetulah saia bukan penggemar dodol.

    BalasHapus